Select Page

Hai guys, diartikel kali ini saya akan membahas apa itu Video dokumentasi? Video dokumentasi adalah bertugas untuk merekam pada suatu kegiatan yang berbentuk video atau pun foto dengan bantuan kamera SLR atau handycam, rekaman tersebut dibagikan kepada  editor agar menjadi video yang bisa dipublis kepada orang atau pun masyarakat.

Tentunya, video dokumentasi di zaman sekarang banyak di pakai untuk kalangan pembuatan video, misalnya untuk video dokumentasi wedding, video dokumentasi event, dokumentasi ulang tahun, dan masih banyak lagi. jadi sangat di perlukan membuat video dokumentasi agar bisa dikenang karena moment sangat penting dan tidak bisa datang dua kali.

Dalam pembuatan video dokumentasi memperlukan beberapa tahapan agar bisa membuat video dokumentasi, berikut adalah tahapan pembuatan video dokumentasi:

– Pertama, Pra produksi / Pre – Production. Praproduksi yaitu, merupakan tahapan dalam pembuatan film. Pembuatan film ini meliputi seperti, penulisan skenario, menentukan pengambilan gambar, mencari lokasi yang strategis pada umumnya, mencari pemeran film dan menentukan staf atau pun kru agar berjalan lancar ketika pembuatan sebuah film atau video dokumentasi.

– Kedua, Produksi / Production. Produksi yaitu, tahapan kegiatan yang dikerjakan agar menambah nilai untuk suatu benda, juga menciptakan benda baru agar bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kegitaan. Pada suatu benda juga menambah daya agar tidak mengubah pada bentuk nya yang dinamakan produksi jasa, dan kegiatan yang menambah daya untuk merubah pada sifat atau bentuk benda dinamakan produksi barang.

– Ketiga adalah Pasca produksi / Post-Production. Pascaproduksi yaitu, pada proses ini memerlukan tahapan pembuatan film, dilakukan dengan beberapa cara seperti pemberian efek pada video, pemberian warna, pemberian suara atau musik latar, juga penambahan animasi, setelah proses dan tahapan itu selesai, film itu siap di distribusikan, juga bisa berupa kaset, film seluloid atau pun lain sebagainya.

Jika anda ingin mengeksplor atau membuat arsipan Kenangan pada kegiatan sehari – hari anda, anda bisa bisa membuat video vlog singkat atau channel YouTube, tetapi sebelum membuat channel YouTube juga memperlukan persiapan dan mempertimbangkan sebelum membuat rencana. you tube juga bisa mengatur untuk membuat bagikan video yang bisa menyesuaikan apa yang akan anda cari.

Pada suatu hal saat kita mempunyai channel terdapat hal yang tidak di inginkan contohnya ketika pada suatu vlog yang direkam pada ponsel yang akan merekam dengan gaya vertikal, atau pun pencahayaan nya juga kurang bagus. Tetapi selama tahun ke tahun telah berganti semakin canggih kamera yang di gunakan untuk membuat video dokumentasi you tube.

Jika sudah membuat akun atau channel you tube anda perlu memikirkan ide yang paling menarik untuk video vlog anda agar para penonton tertarik pada channel anda, membuat vlog pada channel you tube, kita tidak boleh copyright karena hak membuat karya sudah di lekatkan pada yang menciptakan karya tersebut.

Berikut adalah beberapa manfaat membuat video dokumentasi sebuah acara:
yaitu, yang pertama adalah agar informasi memiliki sumber yang kuat. Salah satunya agar video bisa dipertanggungjawabkan keasliannya. Karena adanya sumber yang valid seperti video dokumentasi akan sulit ketika menyangkalnya.

Kedua untuk mengelola data supaya mudah di ingat, pada poin ini akan membantu pengelolaan berupa video, karena itu kita tidak perlu khawatir untuk menyediakan alat agar bisa membuat dokumentasi kegiatan atau event pada acara. Hanya memeperlukan alat perekam kamera contohnya seperti kamera handycame atau juga bisa menggunakan kamera hp.

Ketiga, jasa video dokumentasi lebih banyak dicari apa lagi di area jaman sekarang yang sudah kita jelaskan di atas. Karena alat yang di pakai sangat mudah di cari, dan juga harga sewa kamera tidak mahal tidak seperti jaman dulu. Harga sewa jaman sekarang hanya sekisar satu sampai lima juta rupiah saja.

Keempat, agar bisa membuat arsipan untuk dikenang karena mengulang suatu moment yang sudah berlalu tidak umum untuk dimiliki manusia. Video dokumentasi hanya sebagai media hiburan agar bisa kita putar kembali pada saat anak cucu kita ingin melihat seperti apa masa – masa dulu kita.

“ Tirta Media Production Adalah Perusahaan Profesional yang Melayani Pembuatan Video Profil, Video Safety Induction, Video Animasi2D &3D, Video Dokumentasi, Video Iklan, dan Digital Marketing”

Untuk informasi lebih lanjut hubungi : WA/ Telpon : 0822-8623-0300

Email : [email protected]

Website : www.tirtamedia.co.id

Portfolio klik link berikut : https://www.youtube.com/channel/UCtagATyx8VSUK_8Qav5Zhfw

 

 

× Hubungi kami