Select Page

 Zaman sekarang ini sudah semakin berkembang, teknologi canggih sudah banyak yang diciptakan, namun tidak semua orang bisa menggunakan dan gaptek terhadap teknologi yang semakin canggih ini. Negara akan maju jika SDMnya juga berkembang, dan mau ikut serta untuk memajukan negara, banyak di negara ini yang teknologi tiap tahun semakin maju tetapi SDMnya masih tetap begitu-begitu saja tidak bisa maju. Sebagian anak negeri sudah mendapatkan prestasi dengan membuat film animasi yang ditayangkan di televisi nasional. Contohnya yaitu film animasi Kiko, Battle of Surabaya, Si Juki The Movie, Petualangan Si Adi, Adit Sopo Jarwo, dan masih banyak yang lainnya.

Pembuatan animasi itu tidak semudah pada saat menontonnya, karena dibalik itu proses pembuatannya membutuhkan waktu yang lama dan perlu melakukan beberapa tahap untuk menjadikan animasi seperti yang kalian tonton selama ini. Dasar pembuatan animasi adalah menggambar, selain itu juga harus kreatif dan penuh ide atau imajinasi untuk mengembangkan gambar tersebut supaya bisa menjadi animasi yang diinginkan. Selain itu juga, jika ingin menjadi seorang animator harus pandai membuat salah semua jenis animasi, paling tidak bisa menguasai 1 atau 2 jenis animasi, contohnya bisa dengan animasi 2D atau animasi 3D. Ada 12 prinsip dasar animasi antara lain yaitu:

  1. Solid drawing, yaitu menggambar sebagai dasar utama dalam pembuatan animasi.
  2. Timing & spacing, yaitu tentang menentukan waktu yang tepat untuk menggerakkan gambar (timing), dan menentukan kepadatan gambar yang mempengaruhi kecepatan gerak pada animasi (spacing).
  3. Squash & stretch, yaitu penambahan efek lentur pada objek atau gambar seolah-olah memuai atau menyusut sehingga memberi efek gerak yang lebih hidup.
  4. Anticipation, yaitu persiapan gerak seseorang yang bangkit dari duduk harus membungkukkan badannya dulu sebelum benar-benar berdiri.
  5. Slow in and slow out, hampir sama seperti spacing, bedanya slow in and slow out adalah jika slow in terjadi jika sebuah gerakan diawali secara lambat lalu bergerak cepat, dan slow out kebalikan dari slow in.
  6. Arcs, yaitu objek makhluk hidup yang bergerak mengikuti pola/jalur (maya).
  7. Secondary action, gerakan tambahan yang digunakan untuk memperkuat gerakan utama supaya gerakan animasinya lebih tampak realistis atau nyata.
  8. Follow through & overlapping action, yaitu bagian tubuh yang tetap bergerak walaupun seseorang sudah berhenti bergerak (follow through), dan gerakan saling-silang, maksudnya serangkaian gerakan yang saling mendahului satu sama lain (overlapping action).
  9. Straight ahead action & pose to pose, membuat animasi dengan cara menggambar satu per satu, frame by frame (straight ahead action), kemudian pose to pose yaitu membuat animasi dengan cara menggambar hanya pada keyframe-keyframe tertentu.
  10. Staging, yaitu pendukung suasana yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene.
  11. Appeal, yaitu penokohan, berkorelasi dengan kharisma seorang karakter dalam animasi, jadi meskipun tokoh utama animasi adalah monster tetapi tetap bisa appealing.
  12. Exaggeration, upaya untuk mendramatisir sebuah film animasi dalam bentuk rekayasa gambar yang bersifat hiperbolis.

Di Surabaya dan Jakarta sudah banyak perusahaan jasa animasi 2D dan jasa animasi 3D yang berpengalaman, khususnya di Surabaya yang perusahaan pembuat segala jenis video tidak diragukan lagi. Jasa pembuatan video animasi di Surabaya kualitasnya tidak diragukan lagi karena perusahaan tersebut sudah banyak pengalamannya. Perusahaan pembuat animasi tersebut adalah Tirta Media Production yang ada di Surabaya. Jika Anda ingin membuat animasi tetapi bingung karena tidak bisa membuatnya, Tirta Media Production akan membantu Anda dalam pembuatan animasi

“ Tirta Media Production Adalah Perusahaan Profesional yang Melayani Pembuatan Video Profil, Video Safety Induction,  Video Animasi 2D & 3D, Video Dokumentasi, Video Iklan, dan Digital Marketing”

Untuk informasi lebih lanjut hubungi : WA/ Telpon : 0822-8623-0300

Email                     : [email protected]

Website                 : www.tirtamedia.co.id

Portfolio klik link berikut         : https://www.youtube.com/channel/UCtagATyx8VSUK_8Qav5Zhfw

 

 

× Hubungi kami