Select Page

Hai pemirsa, kali ini kita akan membahas tentang seputar video dokumentasi. Video dokumentasi biasanya digunakan sebagai kenangan atau arsip dari sebuah acara. Tujuan dibuatnya video dokumentasi adalah agar bisa memudahkan pemirsa mengingat acara tersebut.

Pengambilan atau pembuatan video dokumentasi tidak serumit membuat video cinematic, karena video cinematic memerlukan konsep yang bagus dan jelas, dan harus mempunyai skill videografi yang bagus. kamu bisa memakai kamera broadcasting yang  banyak digunakan untuk melakukan video dokumentasi.

Pada pengeditan video dokumentasi tidak memiliki banyak gaya pengeditan hanya mendasar. Contohnya cut, gabung, penambahan musik, dan judul teks. Membuat video dokumentasi juga bisa kita lakukan sendiri dengan menggunakan kamera ponsel. pengambilan video dokumentasi tidak perlu mempunyai skill yang tinggi.

Membuat video dokumentasi tidak memerlukan alat yang mahal, hanya menggunakan kamera ponsel itu sudah cukup untuk membuat video dokumentasi, Tetapi hasilnya tidak terlalu bagus. Selain kamera ponsel juga bisa menggunakan handycam atau kamera broadcasting. Seperti, sony HXR – MC 2500, sony HXR – MC 1500, atau yang lebih mahal.

Konsep dari film documenter adalah sebuah alur cerita kenyataan yang asli. Untuk menyampaikan informasi pembuat memberikan sebuah obyek agar interpretasi berbeda. Documenter juga dinyatakan berhasil agar orang – orang yang menonton menimbulkan suatu ide inovatif.

Mengabadikan video dokumentasi pernikahan adalah momen terpenting karena momen saat pernikahan tidak akan terulang lagi. sangat disayangkan jika momen tersebut tidak ada dokumentasi. Saat ini foto prewedding banyak sekali di cari oleh calon pasangan yang akan menikah.

Jika ingin menggunakan jasa video wedding membutuhkan budget yang lebih. Karena video pernikahan juga punya harga sendiri. Video pernikahan bisa diperlihatkan ke anak cucu kalian nanti. Jadi penting sekali ada video dokumentasi saat pernikahan. Memang hanya sekedar foto, tetapi sangat penting momen – momen tersebut.

Untuk membuat video wedding juga diperlukan menyiapkan kamera DSLR, lensa fix, tele, wide, slinder, stabiliser atau alat glidecam, monopod atau tripod video, audio record, mic, mini crane, drone atau aerial video. kualitas tergantung alat yang digunakan agar hasil tidak meragukan.

Video event merupakan video dokumentasi suatu acara yg di rencanakan oleh sebuah perusahaan. Video event membantu untuk mendokumentasikan melalui video, agar hal tersebut dapat digunakan sebagai pemasaran. dari video tersebut kita akan mendokumentasikan tahap persiapan sampai penutupan event.

Ada dua jenis video event, yaitu;

1.Video Highlight Event.

2.Video Keseluruhan Event.

Jenis peralatan pembuatan video dokumentasi yang pertama adalah kamera, karena dari kamera paling populer di kalangan videografi atau pun fotografi. Untuk menampilkan agar suatu ruangan yang berfungsi. Dalam ilmu fotografi, kamera merupakan suatu peran utama untuk merekam bayangan potret.

Kedua adalah tripod, dengan adanya sebuah alat tripod kita bisa menjaga kamera secara seimbang agar tidak bergerak saat waktu memotret. Manfaat tripod juga bisa meningkatkan pada hasil sebuah potretan, tripod sangat dipentingkan bagi para fotografer dan vidiografi karena dengan adanya tripod menjaga guncangan yang membuat foto atau video jadi blur dan tidak stabil saat merekam video.

Ketiga adalah lensa, berfungsi agar cahaya menjadi fokus saat memotret atau pun merekam. lensa juga mempunyai beberapa macam variasi fokus yang berbeda, lensa juga menghasilkan tangkapan pada gambar dan mempunyai variasi berbeda. dan lensa bisa membakar medium penangkap.

Keempat yaitu filter, aksesori kamera atau lebih tepat nya kaca atau plastik. Filter juga bisa memodifikasi kan rekaman gambar. mengubah warna tampilan gambar. Filter fotografi yang berwarna mempengaruhi ke estetikan dari warna yang berbeda. Dalam filter monokrom juga mempengaruhi warna yang relatif.

Kelima  adalah lighting, hal ini sangat sekali dibutuhkan lighting, karena lighting berfungsi untuk mewarnai objek agar terlihat jelas dan terang, untuk tanda pengganti adegan, untuk mengalihkan sebuah penonton agar terlihat lebih menarik. dan memberikan kesan yang indah, agar bisa memberikan hasil yang sepadan.

Tirta Media Production Adalah Perusahaan Profesional yang Melayani Pembuatan Video Profil, Video Safety Induction, Video Animasi2D &3D, Video Dokumentasi, Video Iklan, dan Digital Marketing”

Untuk informasi lebih lanjut hubungi : WA/ Telpon : 0822-8623-0300

Email : [email protected]

Website : www.tirtamedia.co.id

Portfolio klik link berikut : https://www.youtube.com/channel/UCtagATyx8VSUK_8Qav5Zhfw

× Hubungi kami