Select Page

ACTION CAMERA

Kita sering melihat dokumentasi saat olahraga ekstrem, di alam liar, didalam laut. Semua itu biasa kita lihat pada acara-acara advanture ditelevisi. Kira-kira bagaimana mereka bisa mengambil gambar pada keadaan yang sebenarnya tidak memungkinkan untuk membawa kamera yang biasa kita kenal dengan ukuran yang relative besar dan tidak mungkin untuk merekam hal-hal ekstrem seperti itu. Karena kita tau bahwa kamera seperti itu akan rusak jika digunakan pada situasi yang berat.

Karena untuk kebutuhan seperti itulah, akhirnya ada sebuah inovasi pada kamera yang disebut action camera. Saat ini action camera mulai laris dikalangan orang yang suka mendokumentasikan kegiatan mereka pada alam liar. Design action camera yang mungil akan lebih mudah dibawah kemana pun. Karena mulai banyaknya peminat action camera, akhirnya banyak sekali merk kamera yang membuat action camera mereka sendiri.

Seperti yang banyak dikenal masyarakat adalah action camera dengan merk GoPro. Larisnya action camera merk GoPro tersebut membuat brand lain seperti xiami, brica, SJ cam dan sebagainya juga membuat action camera yang tidak kalah berkualitas dan membuat persaingan baru dipasar action camera saat ini, karena brand lain juga menawarkan action camera dengan harga yang lebih terjangkau dengan kualitas yang tak kalah bagus tentunya.

Berbeda dengan pocket kamera atau DSLR, kamera mirrorless dan kamera normal pada umumnya, lensa yang biasa digunakan oleh action camera cenderung statis atau bisa disebut fix dengan memiliki efek yang lebih lebar atau wide, sehingga pengguna tidak perlu mengatur zoom-in maupun zoom-out dan tidak akan mengganggu saat sedang melakukan aktivitas saat sedang diam maupun bergerak pada alam liar.

Karena fungsinya sebagai kamera yang bisa digunakan pada alam bebas. Action camera dirancang untuk memiliki ketahanan khusus walaupun dengan ukuran yang  tergolong sangat mungil. Seperti dirancang tahan terhadap benturan, tahan terhadap air, dan juga tahan terhadap debu. Walaupun unit camera itu sendiri tidak waterproof atau shock-proof. Biasanya akan disediakan pelindung khusus untuk mendapatkan fitur ketahanan ekstra.

Action camera biasanya juga memiliki aksesoris sebagai pendukung saat digunakan pada medan tertentu. Seperti contoh, water resistant case yang berfungsi sebagai tempat action camera agar tidak kemasukan air yang berguna saat mengambil gambar pada medan yang lembab maupun basah. Pada casingnya terdapat seal yang berguna untuk mencegah air masuk.

Selanjutnya adalah tongsis yang biasa kita kenal dengan tongkat narsis atau istilah globalnya adalah monopod yang berfungsi sebagai dudukan kamera satu kaki agar lebih muda digenggam karena mengingat ukuran action camera yang kecil. Ada juga yang disebut multi-bracket yang berguna sebagai dudukan pada bidang tertentu seperti pada helm maupun pada papan surfing jika ingin mendokumentasikan kegiatan kita saat melalukan surfing.

Sebenarnya masih banyak lagi aksesoris pada action kamera seperti rig stabilizer agar hasil dari camera tetap stabil walaupun tergoncang, LED Light terpisah agar video yang diambil tetap cerah dan jelas dalam keadaan yang gelap, dan juga strap atau tali agar bisa diikat dimana saja.

Walaupun banyak sekali aksesoris dan fungsi yang ditawarkan oleh action camera, terkadang masih banyak orang yang kurang paham dalam menggunakanya untuk mendokumentasikan sesuatu. Namun sekarang ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan jasa dalam pembuatan video dokumentasi seperti TIRTA MEDIA PRODUCTION. Di sana tidak hanyak menerima jasa pembuatan video dokumentasi, tetapi juga video safety maupun video tutorial aplikasi. Jika anda berminat dengan TIRTA MEDIA PRODUCTION, anda bisa mengunjungu alamat lengkap TIRTA MEDIA PRODUCTION dibawah ini.

“ Tirta Media Production Adalah Perusahaan Profesional yang Melayani Pembuatan Video Profil, Video Safety Induction,  Video Animasi 2D & 3D, Video Dokumentasi, Video Iklan, dan Digital Marketing”

Untuk informasi lebih lanjut hubungi : WA/ Telpon : 0822-8623-0300

Email                     : [email protected]

Website                 : www.tirtamedia.co.id

Portfolio klik link berikut         : https://www.youtube.com/channel/UCtagATyx8VSUK_8Qav5Zhfw

 

× Hubungi kami