Select Page

SEJARAH KAMERA DARI MASA KE MASA

Di zaman modern seperti saat ini, kebutuhan manusia terhadap kamera menjadi sangat penting. Karena dengan kamera kita bisa mengabadikan banyak sekali moment berharga yang kita lalui. Moment penting yang bahkan hanya kita alami sekali seumur hidup akan mudah kita kenang dan kita ingat dengan mengabadikannya menggunakan kamera. Dengan mudahnya kita mengabadikan moment menggunakan kamera seperti sekarang, tentunya Panjang sekali perkembangan teknologi yang dilalui. Zaman dahulu orang orang menggunakan lukisan untuk mengabadikan hal hal penting, tetapi karena melukis membutuhkan proses yang terbilang sangat lama, maka orang zaman dahulu tidak bisa mengabadikan kejadian yang sangat cepat. Oleh karena itu, mereka hanya bisa melukis objek dan kejadian dengan waktu yang relatif lama seperti pemandangan dan foto Bersama keluarga atau orang penting karena memiliki banyak waktu untuk dilukis.

Saat perkembangan kamera dimulai, orang orang jaman dahulu tidak perlu melukis lagi. Akan tetapi zaman dahulu untuk memotret menggunakan kamera masih dibutuhkan waktu, tidak seperti sekarang yang hanya tinggal sekali klik kita langsung mendapatkan foto dengan hasil yang bagus. oleh karena itu, kali ini kita akan membahas secara singkat perkembangan kamera dari masa ke masa. Mari kita simak Bersama.

Kamera pertama kalinya ditemukan oleh ilmuwan muslim yang Bernama Al-Haitam atau Alhazen pada tahun 1000 masehi. Pasa saat itu kamera disebut dengan kamera obscura yang berarti kamera ini dikembangkan dengan menggunakan konsep lubang kecil didalam sebuah kotak gelap yang akan disinari oleh cahaya kemudia mampu menghasilkan sebuah gambar. Al-Haitam menulis sebuah buku berisi hasil eksperimenya tersebut yang berjudul “kitab Al-Manazir”. Kemudian buku tersebut dipelajari oleh ilmuwan barat sepertu Joseph Kepler. Beliau meningkatkan fungsi kamera itu dengan lensa negatif dibelakang lensa positif sehingga dapat memperbesar proyeksi gambar. Hal itu menjadi sebuah prinsip yang digunakan dalam dunia lensa foto jarak jauh modern. Baru setelah itu ilmuwan Bernama Robert Boyle mulai Menyusun kamera yang berbentuk kecil tanpa menggunakan kabel berjenis kotak kamera obscura pada 1665M. 900 tahun kemudian pelat-pelat foto pertama kali digunakan secara permanen untuk menangkap gambar kamera

Pada tahun 1937, seorang berkebangsaan prancis Bernama joseph Nicephore niepce menemukan konsep fotografi yang praktis yang kemudian diberi nama daguerreotypes. Dia bereksperimen menambahkan pelat tembaha dan perak kedalam sebuah kotak kecil lalu ditambahkan dengan uap yodium sehingga kamera ini lebih sensitive terhadap cahaya. Setelah dilakukan exposure pada kamera, gambar kemudian terbentuk melalui uap merkuri dan larutan natrium klorida. Joseph Nicephore Niepce berkerjasama dengan partnernya Louis Daguerre yang menemukan kamera ini, kemudian mematenkan penemuannya dengan memberi nama kameranya dengan nama mereka sendiri. Setelah itu perkembangan kamera berlanjut, dari kamera kodak, kamera compact, kamera SLR, kamera analog, hingga menjadi kamera digital yang kita kenal sampai saat ini

Kamera digital akhirnya banyak digunakan, mulai dari orang awam yang hanya menggunakan kamera mereka sebagai alat mengabadikan moment, hingga digunakan seorang profesional sebagai alat membuat film yang bagus dan menarik dan juga digunakan sebagai pengambilan video dokumen untuk hal hal penting dan resmi. Banyak juga perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan video dokumen yang menggunakan kamera profesional agar hasil yang didapat bisa maksimal.

Salah satunya adalah TIRTA MEDIA PRODUCTION yang menawarkan jasa pembuatan video dokumen dengan kualitas yang bagus karena diambil dengan kamera profesional yang sangat memumpuni. Jika anda tertarik dan ingin menggunakan jasa TIRTA MEDIA PRODUCTION. Anda bisa mengunjungi dan melihat portofolio TIRTA MEDIA PRODUCTION dibawah ini.

“ Tirta Media Production Adalah Perusahaan Profesional yang Melayani Pembuatan Video Profil, Video Safety Induction,  Video Animasi 2D & 3D, Video Dokumentasi, Video Iklan, dan Digital Marketing”

Untuk informasi lebih lanjut hubungi : WA/ Telpon : 0822-8623-0300

Email                     : [email protected]

Website                 : www.tirtamedia.co.id

Portfolio klik link berikut         : https://www.youtube.com/channel/UCtagATyx8VSUK_8Qav5Zhfw

 

 

× Hubungi kami